Setiap bersalah maka hukuman akan dilaksanakan di ruang kepala

Setiapnegara mempunyai aturan sendiri untuk melindungi warganya. Baik orang dewasaataupun anak kecil. Seperti halnya di Australia, untuk tempat penitipan anaksaja punya aturan sendiri yang cukup ketat. Ini sekedar pengalaman kami yangtinggal di sini.Sewaktu kami masih punya cucu yang masih kecil, sementarakedua orang tuanya masih bekerja, maka cucu kami dititipkan di penitipan anak.

Untuk pertama kalinya, ketika kami mengantarkan anak ke tempat penitipan,puteri kami (ibu dari cucu kami) harus mmendampingi dan membuat pernyataanbahwa puteri kami mengijinkan kami berdua (nenek dan kakek) untuk menjemputcucu kami Setelahitu, diadakan acara serah terima, bahwa kami sudah mengantarkan cucu-cucu kamipada jam J dan menandatangani buku tamu. Ketika saatnya penjemputan, yangdiperbolehkan menjemput adalah kami kakek neneknya dan orang tuanya saja.  Pernah suatu kali, ketika kami tinggal diPerth (tempat tinggal sebelumnya), bermaksud menjemput cucu-cucu kami, kamitidak diizinkan untuk membawa pulang cucu-cucu kami hanya karena kami belumterdaftar sebagai nama penjemput. Setelah petugas ditelpon oleh mantu kami,bahwa mereka sedang di luar kota dan meminta kami untuk menjemput, baru petugasmemperbolehkan kami membawa pulang cucu-cucu kami.WesternAustralian Today, 25 Januari 2018, memuat berita bahwa Salah satu tempatpenitipan anak di Rockingham kena denda $ 10.000 atau setara dengan 100 jutarupiah hanya karena kedapatan 2 orang anak yang seharusnya berada dalampengawasan pentipan anak, malah berada di luar pekarangan. Sedangkan beritasebelumnya, Penitiapan anak di Fremantle, dikenai denda $ 40.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

000 atau senilai400 juta rupiah hanya karena salah satu anak titipannya terjerat tali dilokasibermain anak yang masih di dalam lingkungan penitipan anak.Aturanketatpun tak hanya diberlakukan di tempat penitipan anak, di sekolah malahlebih ketat pengawasannya. Di area pekarangan sekolah baik di luar maupun didalam, dilarang berjualan kecuali kantin sekolah. Kantin sekolah dikelola olehVolunteer yang terdiri dari orang tua murid secara bergantian. Selama jamsekolah berlangsung, tidak seorangpun diperbolehkan masuk ke dalam pekarangantanpa seizin kepala sekolah.Soalhukuman terhadap siswa, tidak serampangan, ada aturannya juga. Bila seorangsiswa bersalah maka hukuman akan dilaksanakan di ruang kepala sekolah itupunusai kegiatan sekolah. Aturan lainya  gurutidak boleh berduaan dengan muridnya di ruang kelas.

Suatuketika kami telat menjemput cucu kami di disekolah sekitar satu jam-an. Kalotak salah karena ban mobil kami kempes. Khawatir sekali waktu itu. Terbayangdia sendirian dan ketakutan. Setibanya di sekolah, eh.

. cucu kami  happy –happy saja, pengawalnya sampai oleh 2orang petugas piket. Menurut penjelasan mereka, ketika kami tanya, memangaturan sekolah demikian, petugas piket tidak diperbolehkan pulang sebelum siswaterjemput semua.Bermaksud membangun kolam renang, eit tunggu dulu,ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Loh kan ini di rumah milik sendiri? Meskimilik sendiri, bukan berarti boleh bebas membuat kolam renang.

Berikutsyarat-syaratnya:1.      Kolam renang harus diberipagar, tingginya minimal 120 cm.2.      Air kolam renang harusselalu bersih3.      Anak-anak dilarangberenang sendirian4.      Di sekitar kolam renang,dipastikan tidak ada pohon yang dijadikan tempat loncatan.

5.      Begitu besar perhatianpemerintah terhadap perlindungan anak di negeri ini (australia maksudnya),sampai-sampai diterapkan terhadap orang tua kandung anak itu sendiri. Pernahsuatu malam, cucu kami menangis keras, karena mainan kesayangannya rusak. Tidakselang beberapa menit, Petugas datang dan menanyakan mengapa anak sampaimenangis hingga menjerit-jerit. Mereka meminta untuk berbicara langsung dengancucu kami.

Setelah yakin penyebabnya bukan karena dipukul atau perlakuan kasarorang tuanya, melainkan menangis hanya karena mainannya rusak, petugas tersebutminta maaf dan minta izin undur diri.6.      Segitunya ya perlindungananak di negeri orang, bagaimana di negeri kita?