Maraknya pemberitaan tentang pro dan kontra akibat kebijakan pemerintah

Maraknyapemberitaan tentang pro dan kontra akibat kebijakan pemerintah yang akanmenerapkan program Full Day School membuatsaya tertarik untuk mengupas lebih lanjut tentang Full Day School. Full DaySchool berasal dari Bahasa Inggris. Fullmengandung makna penuh, dan Day adalahhari. Jadi, pengertian Full Day School adalahsekolah sepanjang hari penuh atau bisa disebut dengan proses kegiatan belajarmengajar (KBM) yang dilaksanakan sejak pukul 06.

45-15.00 WIB.FullDay School menjadihal yang kurang menarik bagi para siswa. Karena stigma yang ditimbulkan bagipara siswa yaitu mengurangi waktu beristirahat dan melelahkan. Sebenarnya halini juga tidak sepenuhnya salah. Tetapi stigma ini juga timbul karena kurangnyapengetahuan dan metode pembelajaran fullday school yang masih monoton.Dari hal ini pula, terdapatbeberapa dampak dari full day school:1.

     Sekolahakan mengeluarkan banyak biaya2.     Orangtua akan mngeleuarkan biaya lebih besar untuk biaya pendidikan anak3.     Anakakan jadi lebih lelah dan mungkin merasa butuh istirahat lebih ketika belajar4.

     Jambelajar yang lebih lama tidak menjamin pencapaian akademik lebih baik5.     Guruakan lebih lelah karena waktu mengajar akan lebih lama dan peran guru menjadilebih besar Dengan di dukung olehdampak yang timbul dari full day school, program ini juga belum bisa berlajanefektif di Indonesia karena beberapa faktor yang menghambat terlaksananya FullDay School.1.

     Terbatasnyasarana dan prasarana sekolah2.     SDMyang menjadi pembimbing siswa belum sepenuhnya memiliki pengetahuan danpelatihan yang cukup III.           KesimpulanprogramFull Day School ini masih banyak memiliki kelemahan dan belum sepenuhnya cocokdengan sistem kurikulum pendidikan Indonesia saat ini. Sebaliknya, apabilasistem kurikulum serta waktu kegiatan pembelajaran sudah di susun dan sesuaidengan kemampuan siswa, maka dapat diterapkan sistem Full Day School denganbaik dan efektif