1. yaitu: 1. Cermin datar, yaitu cermin yang memiliki

1.     Cahaya dapat dipantulkanPemantulan(refleksi atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya daripermukaan benda yang terkena sinar cahaya. a.      Pemantulan cahayaPemantulancahaya dapat di lihat pada saat kita becermin, maka wajah/ tubuh kita dapatdipantulkan oleh cahaya melalui kaca sehingga wajah/ tubuh kita dapat dilihatdi dalam cermin. Cerminmerupakan benda yang dapat memantulkan cahaya paling sempurna. Cahayadipantulkan dengan arah yang sejajar sehingga dapat membentuk bayangan bendadengan sangat baik.Alatdan bahan1.     Lampu senter2.

     Cermin datar3.     Kertas hitam atau merahCara kerja                     1.     Carilah tempat yang agak gelap2.     Tutuplah kaca senter demgam kertas hitam atau merah3.     Buatlah beberapa celah sempit seperti garis pada kertas penutup tersebut4.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

     Sorotkan cahaya senter ke cermin datar5.     Amati cahaya yang keluar dari senter dan yang terpantul dari cermindatarPertanyaanBagaimana berkas cahaya sentersetelah terpantul pada cermin datar?b.     Bayangan pada cerminCerminmempunyai permukaan yang licin atau mengkilap. Cermin dapat membentuk bayanganbenda yang tampak sama seperti benda asli. Hal itu terjadi karena permukaanlicin cermin dapat menghasilkan pemantulan teratur.

Berdasarkanpermukaannya, cermin digolongkan menjadi 3 yaitu:1.     Cermin datar, yaitu cermin yang memiliki bagian pemantul cahaya yangdatar. Jarak bayangan cermin sama dengan jarak benda ke cermin, bayangantersebut berbentuk mirip seperti aslinya akan tetapi berkebalikan posisi kanan dankiri, bayang sama tegak seperti benda aslinya hal tersebut merupakan sifat daricermin datar. Contoh: cermin yang digunakan untuk berkaca2.     Cermin cekung, yaitu cermin yang memiliki bagian pemantul cahaya berupacekungan.

Cekungan ini berbentuk seperti bagian dalam bola. Sifat bayangan pada cermin cekung yaitu apabila kita mendekati cermincekung maka kita akan terlihat besar akan tetapi jika suatu benda yang jauhdari cermin cekung makan akan terlihat tegak dan terbalik. Contoh: bagian dalam lampu mobil dan lampu senter.3.     Cermin cembung, yaitu cermin yang memiliki bagian pemantul cahaya berupacembungan. Cembungan ini seperti bagian luar suatu bola. Jika kita berkendaramenggunakan mobil maka ada spion yang dapat melihat keadaan dibelakang akantetapi posisi asli sama pantulan cahaya yang terdapat di spion berbeda karenajika kita melihat benda dibelakang kita menggunakan spion maka akan terlihatkecil.

. Contoh: kaca spion pada mobildan motor.2.

     Cahaya dapat dibiaskanCahaya  dapat dibiaskan jika cahaya matahari melaluidua medium yang kerapatannya berbeda.Percobaan AAlat dan bahana.      Pensilb.     Gelas atau stoplesbeningCara kerjaa.

      Isilah gelas denganairb.     Celupkan sebagianpensil kedalam air. Amati apa yang terjadiPertanyaanApakah pensil tampak lurus atau bengkokPercobaan BAlat dan bahan1.     Uang logam 2.

     Mangkuk ataucangkir beningCara kerja1.     Masukkan uang logamke dalam cangkir. Lihatlah uang logam dari jaral yang agak jaug. Tandailahtempat kamu berdiri2.     Isilah mangkukdengan air bening secara perlahan sehingga tidak mengubah posisi uang logam3.     Lihatlah kembaliuang logam itu dari tempat kamu berdiri tadiPertanyaan Bagaimana letak uang logam pada saat tidak diberi air dansesudah diberi air Jika cahaya merambat melalui dua medium (zat perantara)yang berbeda, misalnya dari udara ke air, cahaya tersebut mengalami pembiasanatau pembelokan.

Kerapatan medium berbeda- beda. Kerapatan gelas bening lebihbesar dari pada air jernih. Kerapatan air jernih lebih besar dari padakerapatan udara.

Saat cahaya merambat melalui dua medium yang berbedakerapatannya cahaya dibiaskan atau dibelokkkana.      Jika cahayamerambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, cahaya akandibiaskan mendekati garis normal. Misalnya cahaya yang merambat dari udara keair.b.     Jika cahayamerambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat, cahaya akandibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya cahaya merambat dari kaca ke udara.

Garis normal adalah garis maya yang tegak lurus padabidang batas kedua zat 3.     Cahaya dapat diuraikanCahayayang terpancar dari matahari berwarna putih, ketika cahaya mengenai titik-titik air warna cahaya yang tampak bukan putih lagi. Macam- macam warna sepertimerag, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu merupakan pantulan dari cahayaputih yang terurai sehingga membentuk warna pelangi. Proses penguraian cahaya tersebutdinamakan dispersi cahayaAlatdan bahan1.     Baskom2.     Cermin3.     Selembar kertas putihCara kerja1.

     Kerjakanlah kegiatan berikut secara berkelompok2.     Isilah baskom dengan air jernih3.     Masukkan cermin datar ke dalam baskom4.     Aturlah posisi cermin sedemikian rupa sehingga dapat memantulkan cahayamatahari 5.     Gunakan selembar kertas putih untuk menangkap pantulan cahaya matahari6.

     Amati hal yang terjadiPertanyaan1.     Warna- warna apa yang terlihat olehmu2.     Mengapa pada percobaan ini digunakan air jernih