1.1 mengidentifikasi apa-apa saja yang menjadi masalah dalam pemberantasan

1.1 Latar Belakang  Kemiskinanmerupakan ketidakmampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sedangkankebutuhan tersebut dari hari ke hari kian bertambah tanpa diiringi denganbertambahnya pendapatan. Kemiskinan merupakan sebuah masalah sosial yang terusada di sekitar kita.

Sekitar 27,7 Juta orang Indonesia masih berada pada ruangkemiskinan. Kemiskinan bukanlah sebuah masalah yang mudah diatasi. Perluperubahan dan perbaikan dari segala sisi kehidupan orang Indonesia untukmerubah dan membuat angka kemiskinan itu menurun dari tahun ketahun.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

            Angka kemiskinan di Indonesia takbisa dipungkiri selalu naik dari tahun-ketahun. Kemiskinan merupakan sebuahmasalah yang selalu ada tapi tetap saja sulit atasi. Pemerintah telah berupayadengan sangat baik untuk memberantas kemiskinan dan membuat Indonesia lebihbaik dari hari-kehari. Namun pemberantasan kemiskinan bukanlah hanya tugaspemerintah saja. Masalah kemiskinan membutuhkan begitu banyak bantuan darisegala pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung.            Kemiskinan di Indonesia disebabkanoleh berbagai faktor. Baik karena persepsi masyarakat itu sendiri bahkan faktoralam sekalipun. Kemiskinan juga dapat dikarenakan tidak bisanya mengaksespermodalan, infrastruktur yang tidak memadai, tingkat Pendidikan yang rendahdan banyak sebab lainnya.

 Namun,berbagai faktor tersebut harusnya dapat diatasi untuk meminimalisasi dampakdari faktor-faktor tersebut. Kemiskinan di Indonesia haruslah diatasi dengancara mengidentifikasi apa-apa saja yang menjadi masalah dalam pemberantasankemiskinan.            Islam sebagai sebuah agama mayoritasmasyarakat Indonesia memiliki pandangan mengenai kemiskinan itu sendiri.

Dalamislam kemiskinan bukanlah sebuah masalah baru namun merupakan sebuah masalahmasyarakat yang akan berkaitan langsung dengan keimanan.1.2 Batasan MasalahKemiskinanmerupakan sebuah masalah yang sangat kompleks dan banyak. Namun makalah inihanyalah membahas mengenai pengertian kemiskinan, faktor-faktor kemiskinan,solusi memberantas kemiskinan khusus di wilayah Indonesia saja secara umum.Makalah ini juga akan sedikit membahas mengenai masalah kemiskinan dankaitannya dengan agama Islam. 1.

3 Rumusan Masalah1.     Apaitu kemiskinan?2.     Bagaimanabentuk dan jenis kemiskinan itu sendiri?3.     Apapenyebab kemiskinan di Indonesia?4.     Apasolusi untuk memberantas kemiskinan?5.

     Bagaimanapandangan Islam mengenai kemiskinan?1.4 Manfaat PenelitianPenelitiaanyang dilakukan untuk makalah ini berfungsi untuk mengetahui apa itu pengertiankemiskinan, penyebab serta solusinya di wilayah Indonesia. Makalah inidiharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan dapat dipraktikkan dalamkehidupan nyata yang dalam masyarakat Indonesia.